Kunjungi RS Siloam, Plt. Sekda Kalteng Tekankan Standar Pelayanan Berkualitas

MMCKalteng – Palangka Raya – Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional, Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Leonard S. Ampung meninjau langsung pelayanan di Rumah Sakit Siloam Palangka Raya, Kamis (4/9/2025).
Dalam kesempatan tersebut, Leo menyampaikan apresiasi atas pelayanan yang telah diberikan pihak rumah sakit. Ia menilai pelayanan yang ada sudah baik dan perlu terus dipertahankan serta ditingkatkan.
Baca juga : Syukuran Hari Jadi Desa Maliku Baru, Bupati Rifa'i Ajak Jaga Persatuan“Pelayanan di rumah sakit ini sudah sangat baik. Kita berharap ini selalu dipertahankan dan ditingkatkan lagi, terutama yang lebih mengedepankan kepuasan pelanggan, lebih humanis, lebih berintegritas, dan betul-betul tercipta agar pasien bisa merasakan pelayanan yang maksimal,” ujar Leo.

Lebih lanjut, Leo menekankan pentingnya standar pelayanan yang sama baik di rumah sakit swasta maupun negeri. Menurutnya, meskipun ada sedikit perbedaan, pada prinsipnya pelayanan kesehatan seharusnya memiliki standar yang serupa.
“Kalau kita lihat, mungkin ada sedikit perbedaan. Tapi pada dasarnya standar pelayanan itu sama saja, tinggal bagaimana kemauan, etiket, serta integritas dari para tenaga medis dan perawat di masing-masing rumah sakit,” jelasnya.
Leo juga menyampaikan harapan agar rumah sakit lain, termasuk Rumah Sakit Muhammadiyah, terus meningkatkan kualitas layanan. Menurutnya, persaingan yang sehat antar fasilitas kesehatan akan berdampak positif pada mutu pelayanan yang dirasakan pasien.
“Intinya, pelayanan kesehatan itu harus memberikan efek psikologis yang baik. Pasien datang harus merasa lebih tenang dan yakin akan cepat sembuh, bukan malah khawatir kondisinya semakin parah. Hal seperti ini yang perlu menjadi perhatian kita semua,” ungkapnya.

Dalam kunjungan itu, Leo juga menggarisbawahi pentingnya suasana nyaman yang diciptakan pihak rumah sakit. Menurutnya, faktor lingkungan, termasuk kebersihan dan kenyamanan, turut memengaruhi psikologis pasien.
“Kalau kita masuk ke sini rasanya enak, bersih, bahkan wangi. Hal kecil seperti ini juga memberi dampak positif bagi pasien,” pungkasnya.
Acara tersebut turut dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Herson B. Aden, Kepala Dinas Tenaga Kerja Farid Wajdi, serta jajaran manajemen RS Siloam dan BPJS Ketenagakerjaan. (Rkh/Foto:Faz)