Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar

MMCKalteng - Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar yang dilaksanakan oleh Inspektorat Kota Palangka Raya, acara dibuka oleh Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono. Tim Saber Pungli Kota Palangka Raya diantaranya Kepala Kejaksaan Tinggi Negeri dan Wakil Kapolres Kota Palangka Raya diundang sebagai narasumber pada acara yang dilaksanakan di Gedung Palampang Tarung, Kamis (9/11) dan dihadiri oleh SOPD, Camat, Lurah, Kepala Puskesmas, Kepala Sekolah mulai dari TK, SD, dan SMP di Lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya.
Dalam sambutannya Wakil Walikota menyampaikan saber pungli adalah upaya pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil, satuan kerja, dan sarana prasarana dalam rangka menciptakan kualitas pelayanan kepada masyarakat yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur terlepas dari adanya permasalahan yang timbul berupa pungli yang saat ini sudah menjadi budaya dalam proses pelayanan publik yang dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara, praktek pungutan liar (pungli) telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, Pemerintah memandang perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efisien, dan mampu menimbulkan efek jera.
Baca juga : ASN dan Pengelola Zakat, Infaq dan Sedekah Dislutkan Prov Kalteng Salurkan BantuanNarasumber menyampaikan berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar yang disebut Satgas Saber Pungli dan Satgas Saber Pungli dapat menyelenggarakan fungsi yaitu Intelejen, Pencegahan, Penindakan, dan Yustisi. Pemerintah Kota Palangka Raya membentuk Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar sesuai Keputusan Walikota Palangka Raya Nomor 188.45/620/2016 Tanggal 29 Nopember 2016, kegiatan ini diselenggarakan dengan harapan mampu menumbuhkan kesadaran untuk mendukung upaya pemberantasan praktek pungutan liar agar Kota Palangka Raya dapat berkembang menjadi Kota yang Bersih dan bebas dari praktek pungutan liar. (Carolina)